Gula Merah

Koperasi Kopkun dan KSP TEB Bali Teken Kerjasama Sister Coop

FB_IMG_1533056673053

Sister Coop atau Persaudaraan Koperasi merupakan kerjasama bilateral antara dua koperasi. Kerjasama tersebut berdimensi jangka panjang. Hal itulah yang dilakukan Koperasi Kopkun dengan KSP TEB Artha Mulia, Bali. Penandatanganan MoU dilaksanakan di Kantor Kopkun pada 27 Juli 2018.

I Wayan Sujana, Ketua KSP TEB ditemani oleh manajemen bertandang langsung ke Purwokerto. Ia menyampaikan bahwa melalui kerjasama ini diharapkan kedua belah pihak dapat memperoleh manfaat positif dan berdampak luas. Dalam klausul MoU kedua belah pihak sepakat untuk melakukan kerjasama dalam bentuk: pendanaan (silang pinjam/ silang tabung), peningkatan kapasitas (pelatihan/ pendampingan), pengembangan usaha dan hal-hal lain yang dapat dikembangkan lebih lanjut.

Ketua Kopkun, Herliana, HC, menyampaikan bahwa kerjasama sister coop ini adalah wujud nyata solidaritas antar koperasi. “Kita bisa memulainya dari hal yang sederhana dulu dan meningkat ke bentuk lainnya. Seperti hari ini kita lakukan juga penandatanganan PKS Silang Pinjam antara Kopkun dengan KSP TEB. Ke depan tentu bisa kita kembangkan lebih lanjut, misalnya create bisnis patungan antara Kopkun dengan TEB”.

KSP TEB merupakan salah satu koperasi yang sudah go online. Separoh anggotanya dari 1400 orang sudah dilayani melalui sistem online. TEB berdiri pada tahun 2014 dan layanan online telah mengakselerasi pertumbuhan mereka, baik dari jumlah anggota serta kinerja simpanan-pinjamannya. TEB gunakan platform Sakti Link sebagai basis layanannya. Sakti Link merupakan platform yang dibangun oleh PT Sakti Kinerja Kolaborasindo, yakni perseroan yang didirikan oleh komunitas koperasi tanah air.

Model kerjasama sister coop ini dapat direplikasi oleh koperasi-koperasi lain. Wayan menyampaikan, “Kerjasama pendanaan itu biasa biasa dilakukan. Nah dengan Kopkun, semoga kerjasamanya bisa lebih daripada itu. Karena kita lihat Kopkun itu berbeda dengan yang lain, misalnya banyak anak muda inovatif di dalamnya”, ujarnya. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam