Gula Merah

Kopkun Institute Gelar Workshop Menulis Ringkas dan Menarik

b0d328ad-dfad-4549-92c8-b3a915cfcef3

 

“Menulis adalah penyampaian pesan dan kesan atau gaya tulisan, jangan terjebak klise dan penggunaan kata yang tidak perlu, perbanyak menulis” suara Firdaus Putra penuh semangat. Malam itu Firdaus membagi pengalamannya tentang bagaimana menulis yang ringkas dan menarik.

 

Membuka materi, Firdaus memaparkan perubahan yang mempengaruhi model penulisan, salah satunya adalah maraknya pemakaian media sosial. Hal itu menjadikan leburnya batasan formal dan informal. Perubahan yang lain seperti peningkatan tendensi satire dan personalisasi tulisan.

“Tulislah semuanya tanpa koreksi sampai semua ide selesai tertulis, setelah itu baca ulang dan lakukan koreksi dan finishing tulisan. Untuk memperkaya ide & wacana banyaklah  membaca, melihat, mendengar dan pengalaman.” ungkap tokoh muda koperasi  Banyumas pada Kelas Menulis 3 Maret 2016 lalu.

Pemilihan judul yang menarik, menjadi dasar yang perlu diperhatikan oleh seorang penulis pemula. Selain itu hal dasar lainnya adalah alinea pertama (headline) harus merebut minat dan rasa penasaran pembaca. “Prinsip Keep it Short and Simple adalah suatu keharusan supaya pembaca mudah memahami isi tulisan kita,” katanya.

Bagian penutup, atau bagian terakhir tulisan merupakan simpulan atau ringkasan pembahasan sebelumnya. “Don’t tell but describe it, hindari pemakaian kata klise bijaksana, seharusnya, lebih baik yang terkesan menggurui pembaca.” lanjutnya.

Firdaus menyampaikan bahwa teknik dasar selanjutnya bahwa sebuah tulisan harus mengandung konsep What, Where, Who, When, Where dan How yang sering disingkat 5W+1H. “Hindari tulisan yang terkesan menggurui, terlalu general dan memberi harapan palsu.”paparnya.

Pembelajaran yang diselingi dengan tanya jawab dan canda ringan dilanjutkan dengan membahas beberapa tulisan peserta kegiatan. Koreksi dan evaluasi tulisan peserta dari masing-masing blog melengkapi kegiatan pembelajaran Menulis Kelas Manager Kopkun Institute yang berakhir di pukul 22.30 WIB.

Kegiatan ini merupakan penguatan dari rangkaian Kelas Managemen Kopkun Institute. Sejumlah peserta dari berbagai lembaga mengikuti kegiatan secara cuma-cuma. Pada penghujung, Firdaus menugasi peserta membuat dua jenis tulisan: reportase dan opini. “Minggu depan selesai ya?”, tegas Direktur Kopkun Institute itu. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam