Gula Merah

Kopkun Launching Maskot Saat Rapat Anggota

20160331232510

Rapat Anggota Tahunan atau RAT Koperasi Konsumen Kopkun tahun ini dimeriahkan dengan peluncuran maskot. Maskot itu berupa kupu-kupu dengan warna menyolok: kuning, merah dan hitam. Peluncuran ditandai dengan foto groufie peserta rapat dengan Kepala Dinas Koperasi Banyumas, Yunianto.

Peluncuran maskot itu membuka Rapat Anggota yang dihadiri 160an anggota Kopkun. Sebagai Presidium Sidang Tetap terpilih secara demokratis adalah Idah Hamidah (Dosen), Aris Warisman (Alumni) dan Aef Nandi (Mahasiswa). Mulai pukul 11.30 sampai 15.15 mereka pimpin rapat dengan agenda utama Laporan Pertanggungjawaban Pengurus dan Pengawas Kopkun tutup buku tahun 2015.

Dalam kesempatan itu, Herliana, HC., Ketua Kopkun melaporkan “Tahun 2015 ini Kopkun tak bisa membuka cabang baru karena terkendala kebijakan moratorium pembukaan toko moderen oleh Pemda Banyumas”. “Sehingga setahun ini kami menyusun skema mobilisasi modal internal. Perlu dicatat bahwa porsi modal kita masih didominasi dari pinjaman pihak ketiga, untuk itu ke depan anggota kita harap bisa meningkatkan partisipasi modalnya lewat layanan-layanan yang telah kita buat”, imbuhnya.

Angjar Muti, HC., Ketua Badan Pengawas memberikan laporannya, “Kami menilai apa yang dilakukan Pengurus masih on the track dalam Rencana Strategis Kopkun 2025. Memang kendala kebijakan ini menjadi masalah tersediri”, terangnya. Di sisi lain Badan Pengawas Periode 2015-2018 memperkenalkan indikator penilaian kinerja baru yang disebut sebagai Kepengawasan Model KOPKUN. “Tahun ini kita punya inovasi baru namanya Kepengawasan Model KOPKUN. Nanti akan kami breakdown lagi lebih detail sehingga tahun depat bisa memotret secara maksimal”, katanya.

Meneruskan format laporan tahun sebelumnya, LPJ Pengurus-Pengawas tahun buku 2015 banyak menampilkan gambar dan infografis. Dalam pengantar dokumen tersebut diterangkan “Kami menginginkan sebuah lembar laporan yang orang betah membacanya. Sebuah laporan yang akhirnya bisa menginspirasi pikiran, membangunkan gairah dan menggerakkan tubuh untuk bertindak”. Sampai tulisan ini diturunkan, dokumen LPJ tersebut sudah diunduh 530 kali (unduh, klik di sini).

Pada dokumen LPJ itu diterangkan berbagai capain Kopkun pada tahun 2015. Mulai dari kinerja organisasi, keuangan sampai kinerja usaha. Kinerja organisasi misalnya Kopkun memberangkatkan kader-kadernya ke China dan Thailand untuk mengikuti pelatihan dan lokakarya. Sedangkan kinerja keuangan, aset Kopkun per 31 Maret 2015 sebesar Rp. 8.734.021.453. Dan pada kinerja usaha Kopkun mencetak SHU Setelah Pajak sebesar Rp. 74.224.732.

Rapat anggota yang diselenggarakan pada Rabu, 23 Maret 2016 di Aula FISIP tersebut diramaikan dengan berbagai dorprize dan hadiah. Tiga dorprize utama seperti: Kulkas, TV 32 Inch dan Sepeda merupakan dukungan dari BPD Jateng, Purwokerto. Ada sekitar 30 dorprize hiburan lainnya yang diundi. Tak ketinggalan durian sebagai hadiah lomba foto selfie di photobooth yang disediakan panitia. Dalam kesempatan itu diberikan penghargaan anggota teraktif, yakni Eko Waskito, anggota paling aktif transaksi di Swalayan Kopkun. Lalu ada Slamet Suparmo anggota yang aktif sebagai relawan yang membantu di Kopkun Institute. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam