Gula Merah

Kopkun Simpin Go Online

IMG-20180714-WA0030

Ekonomi digital saat ini menyajikan tantangan sekaligus peluang. Salah satunya adalah ketika sebagian besar orang memiliki ponsel pintar dan selalu terhubung dengan internet. Hal itu direspon cepat oleh Kopkun Simpin dengan hadirkan layanan online.

Sudah satu bulan ini percobaan layanan online itu dilaksanakan. Layanan itu berbasis internet dimana Member Service Staf dapat layani anggota lewat ponselnya. Untuk bukti transaksi mereka cukup membawa printer portable. Hasilnya, efektif.

Istinganah Salimah, HC., Manajer Kopkun Simpin, menjelaskan, “Bagi karyawan hal itu memudahkan. Mereka tak perlu menulis manual. Sedangkan Teller dan Administrasi juga menjadi lebih ringan”, ujarnya. Selain mudah bagi karyawan, anggota juga demikian. Sebagian anggota mengatakan layanannya menjadi lebih sederhana. “Saldo akhir langsung muncul di print out bukti transaksi setelah setor simpanan”, terang mereka.

Ketua Kopkun, Herliana, HC., mengatakan, “Perkembangan teknologi ini kami respon cepat. Lihat saja, sekarang bank-bank mulai kurangi kantor. Nasabah sudah banyak yang pakai internet banking. Nah Kopkun Simpin juga kami arahkan ke sana”, katanya.

Sistem online yang digunakan adalah Sakti Link. Yakni Sistem Akuntansi Koperasi berbasis Teknologi Internet yang dikembangkan oleh komunitas koperasi tanah air. Sistem tersebut membuat pekerjaan menjadi lebih mudah. Transaksi hari ini langsung terbukukan dalam jurnal dan bahkan neraca. “Buat Pengurus itu sangat membantu dalam memonitor capaian day to day-nya. Tinggal buka di laptop atau tablet, online, langsung bisa lihat semua laporan” sambung Ketua.

Pengembangan ke depan Kopkun Simpin akan integrasikan layanannya dengan Kopkun Swalayan. Targetnya anggota belanja di swalayan cukup dengan pindai QR Code yang disediakan. Lalu kemudian secara otomatis akan auto debet dari saldo simpanannya. Saat ini proses tengah berjalan, migrasi data dan penyesuaian-penyesuaian lainnya. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam