Gula Merah

Kunjungan Direktur ICA Asia Pasifik ke Kopkun

1

Balu Iyer, Direktur ICA Asia Pasifik ditemani oleh Robby Tulus, Pendiri Koperasi Kredit Indonesia, berkunjung ke Kopkun pada 29 Juli 2018 lalu. Disambut oleh Pengurus dan Badan Pengawas Kopkun, mereka berkunjung ke Kopkun Pusat dan Kopkun Swalayan 2.

Maksud kunjungan Balu Iyer adalah melihat dinamika riil Kopkun sebagai salah satu anggota Induk Koperasi Usaha Rakyat (INKUR). “Hal ini dibutuhkan karena INKUR bermaksud mendaftarkan diri sebagai anggota International Cooperative Alliance (ICA). Balu ingin memastikan bahwa anggota INKUR riil aktivitasnya”, terang Robby ikut menjelaskan.

Dalam kesempatan itu Balu banyak bertanya detail tentang Kopkun. Mulai dari jumlah anggota sampai manfaat apa yang diberikan Kopkun kepada anggotanya. Diskusi informal dilakukan di Kopkun Swalayan Pusat. Kemudian dilanjutkan secara intensif saat makan siang di Red Chilli, Purwokerto.

Balu rupanya tertarik dengan keberadaan Kopkun Institute, merupakan yayasan yang didirikan Koperasi Kopkun. Herliana, HC., Ketua Kopkun, menjelaskan, “Kopkun Institute didirikan untuk membangun kapasitas lembaga baik internal Kopkun atau koperasi yang lain. Di dalamnya ada tiga bidang utama: riset-pengembangan, pendidikan-pelatihan dan pendampingan-konsultansi”, terangnya.

Kepada Balu, Ketua Kopkun juga menjelaskan bahwa saat ini Kopkun sedang lakukan spin off beberapa koperasi. “Saat in kami sedang spin off mendirikan KSP Kopkun yang sudah operasional dua bulanan. Kemudian inkubasi koperasi pekerja layanan kebersihan dan perbantuan yaitu PEDI Help and Cleaning, yang isinya tukang becak dan pekerja informal lainnya”, jelasnya.

Balu dan Robby terkesan dengan Kopkun yang sebagian besar dikelola oleh orang muda. “Itu menjadi kekuatan dan energi yang besar buat Kopkun”, katanya. Selain mengulas soal Kopkun, Balu dan Robby juga diskusikan isu strategis lain seperti tantangan ekonomi digital bagi koperasi. Kebetulan sekali Kopkun sudah lakukan digitalisasi layanan berbasis Android dan menunjukkannya kepada mereka.

Selain lakukan kunjungan kelembagaan itu, Balu dan Robby diundang Kopkun Institute menjadi narasumber dalam dua kegiatan, yakni seminar dan bedah buku Homo Cooperativus Collaboratus serta lokakarya spin off koperasi. Mereka berdua juga menyaksikan penandatanganan MoU antara Kopkun Institute dengan STMIK AMIKOM Purwokerto. []

 

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam