Gula Merah

Reportase RAT 10: Dibentuk Komisi Pemilihan Pimpinan Kopkun

nama

Tahun 2018 mendatang masa bakti Pengurus dan Badan Pengawas periode 2015-2018 berakhir. Sehingga Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tutup Buku Tahun 2017 mendatang agendanya adalah suksesi kepemimpinan. Untuk itu lewat RAT ke-10 ini dibentuk Komisi Pemilihan Pimpinan Kopkun semacam Komisi Pemilihan Umum (KPU) yang bertugas menyiapkan suksesi itu secara demokratis.

Komisi itu tujuannya adalah menyiapkan dan menyelenggarakan rangkaian sukses untuk memilih Pengurus dan Badan Pengawas masa bakti 2018-2021. “Dengan adanya unsur anggota dalam komisi, harapannya pemilihan akan terjadi secara demokratis dan langsung dikawal oleh anggota. Komisi ini terdiri dari dua unsur: 2 orang dari manajemen dan 5 orang dari anggota”, terang Herliana, HC., Ketua.

Komisi akan menyiapkan serangkaian tahap mulai penjaringan sampai pemilihan di RAT mendatang. Termasuk juga merumuskan berbagai tata cara, aturan dan sebagainya. Dengan adanya Komisi maka proses pemilihan para wakil anggota yang duduk sebagai Pengurus dan Badan Pengawas akan berlangsung secara demokratis. Tujuannya adalah melebarkan ruang-ruang partisipasi anggota sebagai pemilik sah koperasi ini.

“Keberadaan Komisi ini langsung ditetapkan oleh RAT mengingat belum diatur oleh AD dan peraturan Kopkun lainnya. Sedangkan ART sendiri Kopkun belum memilikinya dan baru akan dibahas RAT mendatang”, sambung Herliana.

Anggota yang terlibat dalam Komisi ini juga bisa belajar dan berpraktik secara nyata bagaimana tata kelembagaan dan tata kebijakan koperasi. “Tentu saja, anggota-anggota yang dicalonkan dan dipilih oleh teman-temannya saat RAT adalah anggota yang mau memberikan energi lebih bagi memajukan Kopkun”, sambungnya.

Nama-nama wakil anggota dalam Komisi itu yang dicalonkan sebagai berikut: Fizka (bersedia); Bara (bersedia); Pak Vincen (tidak bersedia); Pak Eko Waskito (bersedia); Bu Ida Hamidah (bersedia); Pak Rahman (tidak bersedia); Pak Kasum (bersedia); Bu Santi (tidak bersedia) dan Pak Eko Didit (tidak bersedia). Hasilnya adalah: Fizka, Bara, Pak Eko Waskito, Ibu Hamidah dan Pak Kasum yang ditetapkan menjadi anggota Komisi. Selamat bekerja! []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam