Gula Merah

Reportase RAT 10: Rapat Anggota Dibuat Perwakilan

banner2

Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-10 Kopkun yang diselenggarakan pada 30 Maret 2017 lalu disetujui bahwa RAT ke-11 akan diselenggarakan secara perwakilan. Wacana RAT perwakilan ini adalah dalam rangka mencukupi kuorum dimana saban tahun tingkat partisipasi anggota Kopkun di RAT tak pernah mencapai 50%.

Di sisi lain anggota Kopkun saat ini telah mencapai 1200an orang. “Untuk menghadirkan 50% anggota juga akan menguras biaya yang besar. Hal itu tentu tidak efisien. Di sisi lain ada peraturan yang membolehkan RAT dilakukan secara perwakilan, yakni Permenkop No. 19/ 2015 yang menyatakan Rapat Anggota kelompok dapat dilaksanakan apabila jumlah anggota koperasi lebih dari 500 (lima ratus)”, terang Taufik Budhi, HC., Sekretaris.

Teknis penyelenggaraan RAT tahun depan dilakukan dua kali: RAT Paripurna dan RAT Kelompok. Prosesnya dimulai dari RAT-RAT Kelompok dengan membahas LPJ Pengurus dan BP serta aspirasi/ isu yang akan dibawa ke RAT Paripurna. Berikutnya kelompok anggota mendelegasikan wakilnya mengikuti RAT Paripurna.

“Untuk menyongsong RAT seperti ini akan diawali dengan membentuk dan mengaktifkan kelompok-kelompok anggota. Sehingga dinamika Kopkun ke depan adalah di kelompok-kelompok anggota tersebut. Yang selain untuk tujuan RAT, kelompok berfungsi sebagai ruang sosial, ruang pelayanan dan ruang belajar bersama bagi anggota”, sambung Taufik. []

Keterangan:

Peraturan Menteri tentang Penyelenggaraan RAT [klik di sini]

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam