Gula Merah

Reportase RAT 10: Simpanan Wajib Menjadi Berjenjang

ban1

Salah satu hasil Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-10 Kopkun Tutup Buku Tahun 2016 adalah perubahan Simpanan Wajib (SW). SW yang berlaku sebelumnya adalah Rp. 15.000 untuk semua anggota. Hal itu dirasa kurang mendorong tumbuhnya modal internal. Di sisi lain, ada sebagian anggota yang ingin berpartisipasi lebih. Maka Pengurus membuat solusi dengan menawarkan perubahan SW menjadi berjenjang.

Profil anggota Kopkun saat ini terdiri dari beragam latar belakang: mahasiswa, dosen, karyawan, pegawai negeri, pedagang kaki lima, usahawan mikro dan seterusnya. Mengingat beragam, maka besaran Simpanan Wajib harus bisa diakses oleh semua golongan. Hal itu berangkat dari visi bahwa Kopkun merupakan koperasi yang terbuka bagi semua orang tanpa bedakan latar belakang.

Lewat forum tertinggi itu Simpanan Wajib berjenjang yang disepakati peserta RAT ke-10 adalah: a. Rp. 15.000; b. Rp. 50.000; dan c. Rp. 100.000. Anggota Kopkun boleh memilih sesuka hati sesuai dengan kemampuannya masing-masing. Yang menjadi patokan adalah, bahwa pilihan besaran SW tidak mempengaruhi hak-kewajibannya. Hal itu untuk menjamin prinsip kesetaraan dan non-diskriminasi layanan bagi seluruh anggota.

Dalam arahannya di forum RAT, Pengurus menyampaikan, “Bila anggota simak, aset Kopkun besar. Namun sebagiannya berasal dari pinjaman pihak ketiga. Nah, bila partisipasi modal anggota meningkat, maka hutang itu bisa turun diganti semua dana anggota. Salah satu instrumen yang kita tawarkan adalah membuat SW berjenjang. Selain ada berbagai layanan simpanan dan investasi”, terang Herliana, HC., Ketua.

Ketetapan RAT ini berlaku per April 2017. “Dalam waktu dekat akan dirumuskan mekanisme migrasi SW anggota yang lama. Sedangkan anggota yang baru, langsung akan diminta untuk memilih besaran SW saat mendaftar”, ujar Adi Bahari, HC., menambahkan. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam