Gula Merah

Spin off Kopkun Tahap Pertama dengan Mendirikan KSP Kopkun

IMG_20180626_165703_HHT

Sudah dua bulan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Kopkun beroperasi dalam tahap pra koperasi. Kantornya berlokasi di Desa Pliken, Kec. Kembaran. KSP ini merupakan salah satu spin off Kopkun di tahun ini. Targetnya Kopkun akan lakukan pemekaran 5-6 koperasi baru.

“Selain KSP tahun ini kita targetkan akan mendirikan Kopkun Pangan, Kopkun DC, Kopkun Warung dan lainnya. Tujuannya adalah untuk merespon aneka kebutuhan anggota. Di sisi lain juga melihat peluang pasar yang dinamis” terang Herliana, HC., Ketua Kopkun.

Format spin off ini adalah melakukan pemekaran kelembagaan koperasi sehingga setiap koperasi berdiri dengan Badan Hukum, Struktur Pengurus/ Pengawas serta manajemen terpisah. Dengan jalan begitu, basis anggota juga tumbuh. Robertus Aditya, HC., Manajer KSP, mengungkapkan, “Sampai dua bulan ini calon anggota sudah 90 orang yang berasal dari wilayah sekitar Kembaran. Mereka juga sudah aktif menabung di KSP”, ujarnya.

Spin off KSP Kopkun ini merupakan pilot project yang pertama. Harapannya akan menjadi lesson learn bagi spin off tahap berikutnya. “Sejauh ini proses dan hasilnya terlihat positif. Spin off koperasi ini strategi baru, sehingga memang belum ada pakemnya. Nah kami berusaha mempraktikkannya agar bisa menjadi pembelajaran bagi yang lain”, terangnya.

Selain lakukan spin off KSP, saat ini Kopkun lewat Kopkun Institute juga tengah inkubasi dua koperasi lain yakni PediHelp and Cleaning dan PediSolution. Dua koperasi itu modelnya adalah koperasi pekerja. Kopkun akan berperan dalam scalling up bisnisnya.

Menjawab kebutuhan model pengembangan baru itu, ke depan Kopkun akan mendirikan Kopkun Group, yakni grup yang berisi koperasi-koperasi hasil spin off Kopkun. Lewat grup itu, koperasi-koperasi baru akan ditingkatkan kapasitasnya sehingga akseleratif. Ketua Kopkun menjelaskan, “Nanti perannya akan diatur lebih lanjut, mana kewenangan koperasi primer mana kewenangan grup. Bayangkan saja seperti koperasi sekunder, bedanya koperasinya lain jenis”, ujarnya.

KSP Kopkun sampai saat ini telah karyakan 5 orang karyawan purna waktu. Menariknya semuanya adalah orang muda. “Kami lebih tangkas di lapangan karena boleh jadi semuanya masih muda dan penuh semangat”, terang Adit, Manajer KSP. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam