Gula Merah

Mengenal Dekade Koperasi 2020

coop

Pasca International Year of Cooperative 2012, saat ini gerakan koperasi dunia fokus pada agenda Dekade Koperasi 2020. Dalam website resminya www.ica.coop, International Cooperative Alliance (ICA), sebagai induk organisasi koperasi dunia menerangkan agenda tersebut.

Dekade 2020 merupakan suatu cetak biru bagi gerakan koperasi di dunia sampai tahun 2020 mendatang. Tujuan strategis cetak biru ini sebagai berikut:

1. Pengakuan kepemimpinan koperasi dalam masalah ekonomi, sosial dan kelestarian lingkungan.

2. Menjadikan koperasi sebagai model bisnis yang disukai banyak orang.

3. Membentuk koperasi sebagai perusahaan berkembang secara cepat.

Tiga tujuan besar itu diturunkan dalam kerangka program sebagai berikut:

1. Meningkatkan partisipasi pengurus dan anggota koperasi. Partisipasi anggota secara demokratis adalah cara koperasi dalam melakukan bisnis. Dan ini merupakan bagian utama dari apa yang menjadi ciri beda koperasi dengan bisnis yang dimiliki investor.

2. Peran koperasi dalam pembangunan keberlanjutan. Salah satu cara dengan inovasi dalam akuntansi. Saat ini mulai banyak inisiatif dimana bisnis, bisnis  sosial dan badan amal didorong untuk membaca kinerja non-keuangan mereka, seperti Triple Bottom Line (TBL), Balance Scorecard Approach, Social Return on Investment  (SROI), Social Impact Reporting dan Pengukuran Kesejahteraan.

3. Membangun media kampanye dan untuk menjaga identitas koperasi. Tujuannya agar setiap ikon menjadi identitas visual baru koperasi. Dan ikon itu akan digunakan sebagai  media kampanye umum dengan kesatuan tujuan. ICA akan menyediakan logo dan tagline tertentu yang digunakan semua koperasi di dunia.

4. Memastikan kerangka hukum yang mendukung bagi pertumbuhan koperasi di suatu negara. ICA akan membangun jaringan internasional bagi dinas pemerintah yang menangani koperasi. Tujuannya untuk memberi pedoman tentang bagaimana menerapkan prinsip koperasi. ICA juga akan memberi asistensi kepada anggota parlemen, legislator dan pembuat kebijakan melalui studi perbandingan hukum di beberapa negara.

5. Menjaga modal koperasi dan menjamin kontrol anggota. Koperasi harus menemukan cara membangun modal yang  tepat. Tapi cara itu sejauh mungkin tidak merusak identitas koperasi.

Dengan kerangka seperti di atas, pertumbuhan koperasi diharapkan semakin cepat. Di sisi lain, pertumbuhan itu tetap berpijak pada nilai dan prinsip. Slogan “Cooperative Enterprises Build A Better World” bisa menjadi spirit gerakan koperasi secara global. Rancang bangun untuk itu sudah dibuat, diharapkan semua koperasi dapat mengadaptasinya. Dan blueprint selengkapnya bisa diunduh pada: www.ica.coop.

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam