Gula Merah

Mondragon Cooperatives: Bermula dari Impian Anak Muda

mondragon

Oleh: Aef Nandi, HC.

Koperasi Mondragon dibangun dari kegusaran seorang pendeta katolik muda, Don Jose Maria Ariezmandietta, pada era 1950an. Krisis ekonomi hebat akibat perang saudara ditambah ketidaktoran rezim  Franco bikin keadaan makin sulit. Kemiskinan dan kelaparan adalah pemandangan biasa, terutama di Basque yang mengalami kerusakan parah selama perang.

Mondragon adalah salah satu kota di negara bagian Basque, Spanyol. Selama perang saudara, Basque dibombardir yang merusak fasilitas publik dan perekonomian masyarakat. Pasca perang, orang Basque tidak boleh menggunakan bahasa ibunya dan bentuk diskriminasi lain. Praktis, mereka tertekan secara ekonomi dan politik.

Ekonomi masyarakat saat itu hanya di topang dua perusahaan, Unión Cerrajera dan Elma. Cerrajera punya 2000 pekerja; 1200 di Mondragón dan 800 di Bergera. Sementara sekitar seribu orang bekerja di Elma. Penduduk Basque menggantungkan hidupnya dari upah yang tak seberapa dari dua perusahaan itu.

Ariezmandietta awalnya datang untuk memberi pendidikan bagi  anak buruh di pabrik Unión Cerrajera agar mereka lebih terampil saat bekerja. Melalui pendidikan, dia menyiapkan proyek impian. Dia tidak hanya mendidik , tapi menyiapkan anak para buruh ini menjadi manajer dan aktivis di masa depan.

Impian besarnya adalah melakukan transformasi sosial melalui kemandirian ekonomi. Para siswa diberikan keterampilan, agar bisa menolong diri sendiri dan menggerakan ekonomi masyarakat. Selepas lulus mereka bisa menjadi aktor perubahan sebagaimana yang diimpikan.

Karena banyak diminati, lembaga pendidikan berkembang menjadi Mondragon Escola Politeknikoa, semacam sekolah kejuruan. Selain diajari keterampilan, siswa juga diajari semangat untuk melakukan perubahan sosial-ekonomi. Semangat kewirausahawan juga diberikan, dipadukan dengan doktrin Kristiani. Sekarang sekolah ini bagian dari Universitas Mondragon.

Dari sekolah kejuruan inilah, muncul nama  Loius Ussatore, Jesus Larranaga, Alfonso Gorronogoitia, Jose Maria Otmaechea dan Javier Ortubay. Bersama Ariezmandietta, lima anak muda ini pada 1955 mendirikan Talleres Ulgor – sekarang menjadi Fagor Electrodomesticos – di Vaco Vais, Spanyol utara dekat kota Pyreenes. Setahun kemudian, pada 1956, mereka memindahkan pabriknya ke Mondragon dan meresmikannya menjadi usaha koperasi.

Dalam mendirikan usaha, Ariezmandietta menghimpun modal dari masyarakat dengan pendekatan kearifan lokal. Orang Basque punya budaya berkumpul di bar atau tempat hiburan selepas kerja keras  seharian. Budaya inilah yang dimanfaatkan oleh para pionir Mondragon untuk mempresentasikan ide bisnis jenius mereka. Tidak mudah memang. Tapi berkat ketekunan mereka berhasil menarik simpati dan mendapatkan modal 11 juta peseta.

Para pionir bertekad membangun imperium bisnis seperti yang direncanakan Ariezmendietta. Pendeta lulusan teknik ini punya filosofi ciamik: Ideas keep us a part, needs bring us together. Pikiran membawa perpecahan, kebutuhan membawa persatuan”. Dia melihat orang Basque punya kebutuhan yang sama, modal dasar untuk membangun persatuan.

Itulah mengapa dalam mendirikan usaha baru, Mondragon selalu berdasarkan keahlian profesional yang dimiliki oleh orang dimana perusahaan itu berdiri. Selain itu juga berdasarkan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat yang menjadi anggotanya. Inilah mengapa Mondragon disebut koperasi pekerja (worker coop).

Tidak lama berselang, pada tahun 1957 berdirilah EROSKI. Sebuah koperasi ritel dengan sistem kepemilikan bersama antara konsumen dan para pekerjanya. Selanjutnya pada tahun 1959 Ariezmandietta mendirikan Caja Laboral Popular. Semacam lembaga keuangan yang berfungsi seperti Bank.

Caja Laboral Popular ini kemudian menjadi kunci keberhasilan sistem koperasi Mondragon. Dari Caja  ini lahir banyak koperasi baru seperti Fagor Arrasette, Fagor Electronica, Copreci, Fagor Ederlan, Alecop, Ulma, Orona, Irizar, dan Danobat. Banyaknya koperasi yang dibiayai menjadikan Caja Laboral semacam inkubator koperasi.

Tanpa lembaga keuangan itu koperasi akan sulit tumbuh dan berkembang karena kurangnya stabilitas pembiayaan. Caja membiayai koperasi tanpa perlu membayar pinjaman sebelum keuangan stabil. Pola pembiayaan seperti ini tentu tidak mungkin dilakukan bank. Karenanya, Caja adalah kunci dari evolusi  Mondragon menuju koperasi raksasa.

Pada tahun 1959 didirikan Servicios de provision Social, atau layanan kesejateraan sosial. Di kemudian hari ganti nama jadi Lagun – Aro, sebuah lembaga yang melayani asuransi kesehatan, asuransi kerja, dan produk asuransi lainnya. Lembaga ini memberi manfaat besar bagi anggota koperasi yang berafiliasi dengan Mondragon.

Mondragon saat ini adalah  social enterprise paling fenomenal di Eropa bahkan dunia. Hingga tahun 2015 Mondragon punya 74,334 karyawan yang bekerja di 257 perusahaan atau lembaga di empat bidang: keuangan, industri, retail dan pendidikan. Karyawan tidak hanya bekerja tapi juga pemilik yang ikut mengendalikan perusahaan berdasarkan prinsip koperasi.

Pada tahun 2014, total Mondragon mencapai 12,110 juta euro dengan total aset senilai 24,725 juta Euro. Saat ini Presiden Mondragon adalah Javier Sotil yang mengendalikan perusahaan bersama para eksekutif lainnya. Di Mondragon, rasio gajih eksekutif paling tinggi dengan pekerja paling bawah mulai 3:1 hingga 1:9. Rasio gajih relatif rendah ditujukan agar tidak terjadi ketimpangan di antara anggota.

Mondragon adalah koperasi pekerja raksasa, dimana para pemiliknya sekaligus pekerja. Di Basque kehadiran Mondragon telah menyejahterakan ribuan orang dan menjadi best practice koperasi, yang dipelajari oleh banyak orang di dunia. []

Referensi:

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam