Gula Merah

Robert Owen, Early Life

robert-owen-cat-landing

Oleh: Aef Nandi, HC.

Pada tanggal 14 Mei 1771, Robert Owen lahir di kota Newtown, Montgomeryshire, Wales. Ibunya bernama Ane williams, berasal dari keluarga petani kaya. Ayahnya seorang penjual besi sekaligus kepala kantor pos di kota yang saat itu dihuni tak lebih dari seribu orang. Owen anak ke enam dari tujuh bersaudara.

Pada usia tujuh tahun Owen mengenyam pendidikan formal selama tiga tahun. Meski singkat, ia termasuk siswa cerdas dengan minat membaca luar biasa. Dengan pengetahuannya, ia bisa mengajari anak sebaya maupun yang lebih muda darinya.

Pada tahun 1781, saat berusia 10 tahun, Owen kecil merantau ke London bersama kakaknya William. Ia bekerja di toko kain milik seorang pengusaha bernama Gufford di daerah Stanford. Meski bekerja, di waktu senggang ia melahap banyak buku di perpustakaan milik tuannya. Dari bacaannya, pengetahuannya bertambah luas.

Setelah bekerja selama tiga tahun d toko milik Tuan Gufford, Owen pindah ke Manchester. Ia bekerja di toko kain milik tuan Satterfield. Di kota pusat Industri ini ia belajar banyak hal tentang industri pemintalan. Sifatnya yang tekun membuat Owen muda cukup terampil dan mengusai ilmu perdagangan.

Selain cerdas dan terampil, Owen punya naluri bisnis. Menjelang akhir 1790, ia meminjam uang sebesar 300 euro pada kakaknya, Williams. Bersama seorang mekanik bernama Jones ia merintis bisnis pemintalan benang. Tapi setelah beberapa bulan Jones mengundurkan diri, kemudian ia menjalakan bisnisnya seorang sendiri. Namun, bisnisnya berakhir dengan kegagalan.

Pada tahun 1792 diterima sebagai manajer di Piccadilly mills, pabrik dengan 500 orang buruh milik Peter Drinkwater. Dalam waktu singkat ia berhasil meningkatkan kualitas benang dan kain, sehingga menaikan jumlah permintaan. Di tangannya, perusahaan untung besar.

Melihat prestasi gemilang Owen, Drinkwater menjadikannya sebagai partner bisnis untuk menggarap beberapa proyek bisnis besar. Namun karena suatu hal, kerjasama ini dibatalkan secara sepihak. Merasa kecewa dan enggan bekerja dibawah kendali orang lain, ia resign dari piccadily pada tahun 1795.

Tak lama setelah resign, ia diminta Samuel Marsland untuk mengelola perkebunan di Manchester. Namun, ia tak tertarik. Bersama Jonathan Scarth dan Richard Moulson ia kembali merintis bisnis pemintalan.Usaha mereka terus berkembang, hingga pada 1796 seorang pengusaha bernama Thomas Atkitson menanamkan modalnya di perusahaan mereka. Kemudian, dengan sokongan dana besar, pada tahun 1799 mereka mengajukan pembelian pabrik pemintalan besar di New Lanark milik David Dale.

Robert Owen adalah seorang pekerja keras, cerdas dan pantang menyerah. Ia mulai bekerja di usia 10 tahun dan memiliki pabrik sendiri sebelum menginjak usia 30 tahun. Selain seorang pebisnis, owen juga seorang intelektual.Ia adalah anggota kelompok sastra dan Filsafat. Sebuah komunitas keilmuan yang di huni kalangan intelektual penting kala itu seperti Jhon Dalton dan Sastrawan muda, Samuel Colleridge. Muda, cerdas, dan terampil itulah Robert Owen dimasa muda. []

*Penulis adalah Pengurus Koperasi Pekerja IC Coop dan Volunteer di Kopkun Institute

Referensi:

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam