Gula Merah

Better Banyumas Harus Terwujud, Bukan Sekedar Logo

logo better monokrom

Pertengahan April lalu Pemerintah Kab. Banyumas meluncurkan city brand “Better Banyumas” bertepatan dengan Hari Jadi Banyumas ke-433. Peluncuran city brand itu ditandai dengan logo dan tagline baru “better” yang tentu saja bermakna “lebih baik”.

Herliana, HC., Ketua Kopkun memberi tanggapan terkait city brand tersebut, “Itu adalah upaya yang bagus dalam rangka membangun citra wilayah. Apalagi logonya juga keren”, katanya di sela-sela Musyawarah Kerja Kopkun Tahun 2015.

Ia menambahkan, “Tentu city brand baru itu bila diaplikasikan dengan baik akan bisa mendongkrak ekonomi kreatif di Banyumas. Tak ketinggalan juga berbagai potensi yang ada”. Dengan mimik serius ia melanjutkan, “Tapi jangan sampai berhenti sekedar logo dan tagline baru saja. City brand “Better Banyumas” harus benar-benar menjadi target”.

Sebagai aktivis koperasi dan pelaku UMKM Herliana, HC. mengharapkan agar Better Banyumas menjadi target kinerja bagi Pemerintah. Misalnya ia memberi contoh, “Pelayanan publik harus lebih baik, public service jadi better. Pengurusan izin usaha harus lebih cepat, tidak ada pungli di sana-sini. Itu baru better!”, pungkasnya.

Dalam konteks koperasi dan UMKM, untuk mencapai Better Banyumas, Pemkab harus punya kebijakan yang afirmatif. “Pemkab harus bisa mengarusutamakan koperasi dan UMKM di Banyumas agar berkembang dan membesar”.

Makna Logo dan Tagline

Peluncuran logo dan tagline baru itu digenapi dengan penerbitan logo dan buku panduan (brandbook) yang dapat diunduh di http://betterbanyumas.com. Dalam buku panduan itu dijelaskan makna logo dan tagline baru.

Logo yang seperti huruf “B” merupakan ikonisasi dari kepala Bawor. Dalam ikon huruf “B” tersebut juga terkandung ikon implisit yakni sungai, kuncir Bawor dan angka tiga. Semuanya punya makna yang melambangkan kebanyumasan.

Sedangkan makna “better” adalah pengharapan agar Banyumas menjadi lebih baik. Juga dapat bermakna penawaran kepada orang luar (wisatawan, investor dan pihak lain) bahwa lebih baik (di) Banyumas. []

About Author: kopkun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

adv bawah kotak
adv dalam